PT MRT Jakarta dan Bekraf RI Sepakati Pengembangan Pasar dan Jasa Ekonomi Kreatif
Bertempat di Kantor Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pada Jumat (5-10-2018) lalu, PT MRT Jakarta dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman terkait Pengembangan Pasar dan Jasa Ekonomi Kreatif. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Joshua Puji Mulia Simanjuntak.
Nota Kesepahaman tersebut bertujuan untuk mengoordinasikan dan menyinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif. Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi sejumlah hal, yaitu pemberikan fasilitas kepada pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan akses pasar dalam negeri dan luar negeri dalam upaya meningkatkan ekonomi nasional pada sektor ekonomi kreatif; serta melakukan kurasi kepada pelaku ekonomi kreatif dan mendorong agar produk kreatif unggulan yang akan di berikan fasilitasi dapat diakses oleh masyarakat.
“PT MRT Jakarta sangat mendukung pelibatan masyarakat yang lebih luas terhadap MRT Jakarta, termasuk dengan penyediaan produk atau jasa kreatif dari usaha kecil menengah dari masyarakat di area MRT Jakarta,” ucap William. “MRT Jakarta mendukung pengembangan produk dan jasa kreatif di Indonesia, khususnya di Ibu Kota,” lanjut William. Lebih jauh lagi, ujar William, dalam Nota Kesepahaman ini, PT MRT Jakarta akan menyiapkan ruang atau lahan di dalam wilayah PT MRT Jakarta, termasuk menyiapkan ruang atau lahan di dalam area komersial di tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Sisingamangaraja, Stasiun Blok A, dan Stasiun Haji Nawi, sebagai tempat menyimpan/display produk dan/atau jasa kreatif dari Badan Ekonomi Kreatif. “Rencananya, Nota Kesepahaman ini akan berlaku untuk tiga tahun ke depan,” ucap William.
Joshua Mulia Simanjuntak menyampaikan apreasiasinya atas kerja sama ini. “Penandatanganan ini merupakan pintu untuk kerja sama lebih lanjut dengan MRT Jakarta. Melalui MRT Jakarta, dapat menjawab tantangan bagaimana mempertemukan produk dan jasa kreatif dengan konsumennya, dalam hal ini pengguna MRT Jakarta,” kata Joshua. “Ini adalah kesempatan untuk menghadirkan karya pilihan buatan Indonesia baik dari kuliner, seni, mode, hingga musik yang akan mendukung mobilitas gaya hidup masyarakat Jakarta. Kami menilai ekosistem yang ada dalam MRT Jakarta dapat mendukung pengembangan ekonomi kreatif,” ujar ia. [NAS]