Kunjungi Gerai UMKM di Tiga Stasiun MRT Jakarta
Waktu menunjukkan pukul 17.04 WIB ketika salah seorang penumpang MRT Jakarta yang baru saja menyelesaikan perjalanannya di Stasiun Fatmawati dan sedang menuju pintu keluar D menghentikan langkahnya dan melihat gerai di sebelah kirinya. Penumpang tersebut terlihat sedang mempertimbangkan apakah akan membeli produk lemper yang terlihat menarik di etalase kaca tersebut. Tidak lama, penumpang tersebut berjalan menuju penjaga gerai dan membeli sejumlah produk lemper yang dibungkus daun pisang tersebut.
Pemilik gerai jenama Lemper Purnama tersebut, Agustina, mengatakan bahwa gerai ramai pada waktu berangkat dan pulang kerja. “Di sini ramai sekitar pukul 06.00—09.00 WIB pagi dan 16.00—20.00 WIB. Satu pelanggan biasanya membeli 3—4 varian atau bahkan satu kotak dengan bermacam-macam jenis,” cerita ia sore itu. Perempuan terlihat sedang menggendong anaknya sembari mengawasi penjualan di gerainya. “Saya senang bisa membuka gerai di MRT Jakarta karena ini adalah peluang besar. Kira-kira hampir dua bulan ini buka dan prospeknya bagus banget, kami bisa menjangkau selatan Jakarta,” lanjut ia. Agustina mengklaim bahwa gerainya di Stasiun Fatmawati menjual 400 hingga 500 produk Lemper Purnama. Ia berharap dengan membuka gerai di MRT Jakarta, produk UMKM makin bisa dilirik oleh masyarakat luas. “Saya senang MRT Jakarta mau menerima saya karena kami coba masuk ke pusat-pusat perbelanjaan namun ditolak,” cerita ia lalu tersenyum.
Agustina adalah satu dari 12 jenama UMKM yang membuka gerainya di tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu enam gerai di Stasiun Lebak Bulus Grab, empat gerai di Stasiun Fatmawati, dan dua gerai di Stasiun Dukuh Atas BNI. 12 gerai tersebut terdiri dari tiga jenis, yaitu gerai makanan dan minuman, kriya, dan fesyen atau mode. Sebelum menempati stasiun yang dimaksud, setiap usaha rintisan tersebut mengikuti pelatihan dan mentoring selama lima hari sejak tanggal 5 hingga 9 Agustus 2019 lalu di Kantor Pusat PT MRT Jakarta di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat. Pelatihan berisi materi seputar pengetahuan produk (product knowledge), desain gerai (booth design), dan pelatihan tentang point of sales (POS).
Sebagai perusahaan pelayanan jasa, fokus MRT Jakarta adalah bekerja untuk kepentingan publik. Dengan dibukanya gerai UMKM di sejumlah stasiun, MRT Jakarta berharap agar pelaku industri UMKM juga mendapatkan manfaat dari pelayanan publik MRT Jakarta sehingga industri UMKM dapat berkembang dengan lebih baik. [NAS]