Taking too long? Close loading screen.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Penerapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bentuk kontribusi dan partisipasi dalam mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Dalam penerapanan program yang juga dikenal dengan istilah corporate social responsibility ini telah dilaksanakan sesuai dengan standar ISO 26000 yang sejalan dengan visi dan misi PT MRT Jakarta (Perseroda), yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ada tujuh subjek inti tanggung jawab sosial perusahaan berdasarkan ISO 26000 tersebut, yaitu:

1.    Tata Kelola Organisasi.
2.    Praktik Ketenagakerjaan.
3.    Lingkungan.
4.    Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat
5.    Prosedur Operasi yang Wajar
6.    Hak Asasi Manusia, dan
7.    Isu Konsumen

Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari operasional perusahaan dan layanan agar mendukung keberlanjutan usaha.

Pada 2019 lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) menggelontorkan dana mencapai lebih dari Rp880 juta yang direalisasikan ke dalam 12 bentuk kegiatan, yaitu living project bersama Si Dalang (daur ulang spanduk PT MRT Jakarta (Perseroda) menjadi produk kreatif), liburan pintar transportasi publik terintegrasi (mengajak pelajar menjajal transportasi publik terintegrasi di Jakarta), MRTeach (aktivitas bersama anak jalanan), Ruang Baca Jakarta, Jalan Jakarta (perbaikan akses pejalan kaki dari pemukiman menuju stasiun MRT Jakarta terdekat), Sekolah Ramah Bersepeda (perbaikan jalur khusus pesepeda dan area parkir sepeda), donasi korban kebakaran, sumbangan hewan qurban DKI Jakarta, bakti sosial kemasyarakatan kepada Yayasan Anak Juang Bangsa, sumbangan korps cacat veteran RI, dan mural persahabatan Jakarta dan Berlin di Terowongan Kendal.

Selama pandemik virus COVID-19 melanda Jakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah membagikan 2.403 paket penyanitasi tangan dan masker serta 3.000 masker kain kepada masyarakat yang masih harus menggunakan transportasi publik dan bepergian selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menggalang dana dari karyawan dan mitra perusahaan yang akan disumbangkan kepada masyarakat. Sumbangan tersebut nantinya akan berbentuk paket berisi bahan pokok dan alat kebersihan.