Taking too long? Close loading screen.
  • Selama PSBB Transisi, MRT Jakarta sebagai bagian dari JakLingko, siap kembali memberikan layanan secara penuh untuk menjadi pilihan transportasi publik yang tetap memberikan layanan optimal yang BERSIH (bersih dari penyebaran virus dan bersih dari sisi sebagai transportasi yang ramah lingkungan), AMAN (aman dalam bentuk keselamatan perjalanan penumpang, aman dari potensi paparan virus, dan aman dari tindak kejahatan) serta memberikan KENYAMANAN lingkungan kepada seluruh penumpang.

    MRT Jakarta akan menjadi role model dalam memberikan layanan transportasi publik yang mendukung masyarakat Jakarta untuk kembali beraktifitas dalam periode “PSBB Transisi” di tengah Pandemi COVID-19.

    MRT Jakarta kembali mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam mobilitas sehari-hari sebagai upaya terciptanya pelestarian lingkungan atau GREEN Environment.

    Dalam menjalankan tatanan baru ini, MRT Jakarta tidak dapat melakukannya sendiri, maka itu dengan adanya KOLABORASI bersama dengan seluruh pihak, untuk menghadirkan INOVASI, dapat dilakukan dengan TATA KELOLA yang baik, terpadu, dan transparan.

  • Informasi Operasional MRT Jakarta
    Periode: 8 Juni – 2 Juli 2020

    Hari Kerja
    Jam Operasi : 05.00-21.00
    Selang            : 10 menit, 5 menit pada jam sibuk (07.00-09.00 & 17.00-19.00)

    Akhir Pekan dan Hari Libur
    Jam Operasi : 06.00-20.00
    Selang            : 20 menit

    Selama periode ini kereta khusus wanita ditiadakan


  • 1. Masker
    2. Kartu Jelajah Multi Trip
    3. Botol Minum Pribadi
    4. MRT-J Mobile Apps
    5. Hand Sanitizer
    6. Alat Ibadah Pribadi
    7. Vitamin (Jika Diperlukan)
    8. Tisu Kering
    9. Masker Cadangan
    10.Tisu Basah
    11. Disinfektan
    12. Alat Makan Pribadi

    1. Wajib menggunakan masker setiap saat dimulai dari memasuki pintu masuk stasiun
    2. Wajib berdiri pada garis pembatas antrean saat mengantre
      Imbauan: Mengikuti marka panah sebagai panduan dalam berjalan (hanya di beberapa stasiun)
    3. Wajib mengikuti proses pengukuran suhu dan pemeriksaan barang bawaan oleh petugas saat memasuki area stasiun
    4. Bagi pengguna jasa MRT Jakarta yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3° dilarang untuk memasuki stasiun
    5. Aktivitas transaksi kartu STT baik penjualan maupun pengembalian dana untuk sementara ditiadakan
    6. Wajib menggunakan cairan hand sanitizer yang tersedia di stasiun sebelum menaiki Ratangga dan selalu menjaga kebersihan diri pribadi
      Imbauan: Membawa hand sanitizer, tisu dan sarung tangan untuk keperluan pribadi
    7. Wajib menerapkan social distancing selama berada di area MRT Jakarta
      Imbauan: Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar seperti contoh yang tertera di dinding stasiun ataupun dinding Ratangga
    8. Wajib mengikuti batas maksimal pengguna lift prioritas serta ketentuan posisi hadapan
    9. Dilarang duduk di kursi peron yang memiliki tanda silang
    10. Wajib mengantre di peron pada marka yang tersedia
    11. Dilarang duduk di kursi Ratangga yang memiliki tanda silang
    12. Wajib berdiri di stiker titik berdiri penumpang selama berdiri di dalam Ratangga
    13. Khusus penumpang yang berdiri di tengah kereta, wajib untuk menghadap arah lajunya Ratangga
    14. Dilarang untuk melakukan percakapan baik langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam Ratangga
    15. Wajib untuk membawa perlengkapan Salat pribadi dan mengikuti titik shaf apabila menggunakan Musala
    16. Wajib menjaga jarak dengan pengguna lain dalam menggunakan toilet dan menjaga kebersihan toilet setelah menggunakan
      Imbauan: Menyimpan limbah masker dan tisu untuk dibuang di kediaman pribadi atau di lokasi pembuangan limbah infeksius
  • Fitur

    1. Penegakan transaksi tanpa kontak langsung dengan Apps MRT-J dan Ticket Vending Machine
    2. Force Cooling dan Vent pemaksimalan sirkulasi dengan udara dalam Ratangga
    3. Materi sosialisasi dan edukasi cara-cara proteksi diri dari penyebaran virus COVID-19
    4. Penegasan aturan serta imbauan dengan memperbanyak petugas, penggunaan pengumuman stasiun dan layar-layar informasi dalam stasiun dan Ratangga
    5. Optimalisasi perawatan AHU dari CTVT System untuk memastikan sirkulasi udara di stasiun bawah tanah tetap terjaga dengan baik

     

    Fasilitas

    1. Tempat cuci tangan di dekat pintu masuk luar stasiun
    2. Stiker marka jarak aman antar penumpang pada saat antre, duduk, dan berdiri
    3. Hand sanitizer di titik ramai di dalam seluruh stasiun
    4. Ruang isolasi sementara jika terjadi insiden dengan suspect COVID-19
    5. Tersedianya perawat di beberapa stasiun MRT

     

    Pemeliharaan

    1. Pemeriksaan AC dan jalur sirkulasi udara stasiun dan untuk setiap Ratangga yang selesai beroperasi setiap hari
    2. Disinfeksi fasilitas dan area stasiun sebanyak 3 kali per hari dengan metode Dusting (khusus Musala 5 kali per hari setelah jam Salat dan area Passenger Gate (PG) setiap 2 jam sekali)
    3. Disinfeksi Ratangga dengan metode Dusting setiap selesai beroperasi
    4. Pengecekan Swab Test Ratangga secara berkala
    5. Pembersihan kereta secara rutin harian, mingguan, dan bulanan
    6. Misting disinfektan stasiun dan Ratangga secara berkala
    7. Penanganan limbah infeksius antisipasi COVID-19 secara khusus dan aman sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku
  • Marka Pada Stasiun


     

    Marka Pada Ratangga


    1. Pemesanan Tiket Perjalanan
      • Pilih Stasiun Keberangkatan
      • Pilih Stasiun Tujuan
      • Tekan tombol “Panah” untuk melanjutkan
      • Tekan tombol “Beli Tiket” berwarna hijau untuk melanjutkan ke laman pilihan pembayaran
    2. Pembayaran Tiket Perjalanan
      • Pilih jenis pembayaran lalu tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan
      • Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke laman Tiket
      • Anda akan dialihkan ke laman kanal pembayaran (jika belum mendaftarkan kanal pembayaran Anda di aplikasi ini)
    3. Tiket Perjalanan
      • Menu “Tiket Perjalanan” berada pada tab kedua pada aplikasi
      • Layar utama pada “Tiket Perjalanan” berisi daftar tiket yang berhasil dibeli pada hari ini
      • Riwayat “Tiket Perjalanan” Anda dapat diakses melalui tombol dibagian kanan atas pada laman ini
    4. Penggunaan Tiket Perjalanan
      • Masuk ke laman “Tiket Perjalanan”
      • Tekan tombol “Masuk/Keluar” untuk menampilkan kode QR
      • Perlihatkan kode QR ke kamera yang berada di pintu tiket stasiun