Cegah Penyebaran COVID-19, MRT Jakarta Kurangi Waktu Layanan

Cegah Penyebaran COVID-19, MRT Jakarta Kurangi Waktu Layanan

SIARAN PERS
Untuk diterbitkan segera

Cegah Penyebaran COVID-19, MRT Jakarta Kurangi Waktu Layanan

Jakarta, 21 Maret 2020. Sehubungan dengan telah ditetapkannya status DKI Jakarta menjadi Tanggap Darurat Bencana COVID-19 serta mendukung arahan Pemerintah kepada Masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, PT MRT Jakarta (Perseroda) menetapkan perubahan kebijakan layanan MRT Jakarta menjadi sebagai berikut:

  1. Pembatasan jam operasional menjadi pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB
  2. Jarak antar kereta (headway) yaitu:
    • Tiap 5 menit untuk jam sibuk (07.00 WIB – 09.00 WIB dan 17.00 WIB – 19.00 WIB)
    • Tiap 10 menit untuk jam non sibuk (09.00 WIB – 17.00 WIB dan 19.00 WIB – 20.00 WIB)
  3. Pengetatan penerapan personal hygiene dan social distancing
  4. Pengelolaan antrian penumpang yang baik
  5. Pembatasan jumlah penumpang 60 orang per kereta (gerbong) atau 360 orang per satu rangkaian kereta

PT MRT Jakarta (Perseroda) meminta kepada masyarakat untuk membatasi bepergian hanya untuk kebutuhan mendesak, senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan, dan kenakan masker jika dalam kondisi kurang sehat/sakit.

Perubahan kebijakan layanan juga didasarkan pada pergerakan masyarakat menggunakan transportasi publik khususnya MRT Jakarta yang telah menurun drastis, dimana dalam 4 hari terakhir secara berturut-turut 32 ribu, 28 ribu, 24 ribu dan yang terakhir kemarin mencapai titik 21 ribu penumpang per hari. Penurunan jumlah penumpang pasca imbauan Pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah ini sangat signifikan jika dibandingkan pada kondisi normal yang mencapai 100 ribu penumpang per hari.

Sementara itu, selain protokol pencegahan penyebaran virus corona COVID-19, seperti pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang, penyediaan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di seluruh stasiun, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus melakukan penambahan upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Mulai hari ini (21/3), terdapat fasilitas tempat cuci tangan di dekat pintu masuk tiga stasiun, yaitu stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Setiabudi Astra, dan Bendungan Hilir yang telah disediakan oleh PAM Jaya, bekerjasama dengan PD PAL Jaya untuk pengolahan dan pembuangan air, serta MRT Jakarta untuk monitor operasional dan keamanan fasilitas.

Dengan adanya fasilitas tempat cuci tangan yang telah disediakan, diharapkan para penumpang MRT Jakarta yang masih harus bertugas di luar rumah dapat mencuci tangan sebelum masuk dan setelah menggunakan MRT Jakarta agar personal hygine tetap terjaga.

***

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta
Muhamad Kamaluddin

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

PT MRT Jakarta
Corporate Secretary Division Head
di [email protected]; 0812 1096 0282 | Situs web: www.jakartamrt.co.id | Facebook: facebook.com/jakartamrt | Twitter: @mrtjakarta | Instagram: @mrtjkt

Download “Cegah Penyebaran COVID-19, MRT Jakarta Kurangi Waktu Layanan” SIARAN-PERS-Cegah-Penyebaran-COVID19-MRT-Jakarta-Kurangi-Waktu-Layanan-v3.pdf – Downloaded 8 times – 1 MB