Siaran Pers: Klarifikasi Isu Seleksi Retail UMKM PT MRT Jakarta

Siaran Pers: Klarifikasi Isu Seleksi Retail UMKM PT MRT Jakarta

SIARAN PERS
Untuk diterbitkan segera

Klarifikasi Isu Seleksi Retail UMKM PT MRT Jakarta

Jakarta, 10 Oktober 2019. Sehubungan dengan isu yang beredar di media sosial mengenai seleksi retail UMKM yang diperuntukkan pada stasiun-stasiun MRT Jakarta, bersama ini PT MRT Jakarta memberikan klarifikasi sebagai berikut:

  1. Informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa proses penyewaan kios (UMKM) di seluruh Stasiun MRT Jakarta harus seizin Ibu Fery Farhati Ganis (Istri dari Gubernur DKI Jakarta) merupakan informasi yang salah, tak mendasar dan menyesatkan.
  2. PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai implementasi dan komitmen untuk mendukung UMKM dan ekonomi kreatif pada tanggal 5 Oktober 2018. PT MRT Jakarta bersama BEKRAF bekerja sama untuk mengkurasi UMKM yang ditempatkan pada stasiun-stasiun MRT Jakarta. Sebagai bentuk komitmen PT MRT Jakarta untuk mendorong dan menjaga integritas dalam proses seleksi dan kurasi, transparansi serta prinsip berkeadilan, maka proses kurasi dan seleksi dilakukan oleh pihak yang berkompeten & independen, yaitu Tenaga Ahli BEKRAF.
  3. Sesuai kebijakan praktik anti korupsi, kolusi dan nepotisme, karyawan MRT Jakarta beserta keluarga dan koleganya tidak diperbolehkan terlibat dalam seleksi dan kurasi UMKM.
  4. Terdapat 3 (tiga) kategori UMKM yaitu kuliner, fesyen dan kriya. Adapun tim kurator dari BEKRAF merupakan kurator berpengalaman dan memiliki keahlian yang handal di masingmasing kategori kuliner, fesyen dan kriya tersebut.
  5. Berikut merupakan tahapan proses seleksi retail UMKM MRT Jakarta:
    • Pengumuman dan pendaftaran seleksi tahap I tanggal 24-31 Januari 2019 dan tahap II
    • pada tanggal 6-8 Februari 2019, informasi terkait dengan proses seleksi disampaikan melalui saluran resmi PT MRT Jakarta, yakni website (www.jakartamrt.co.id) dan media sosial MRT Jakarta
    • Penyusunan dan pengumpulan dokumen proposal pada link yang dapat diakses dari website MRT Jakarta
    • Evaluasi dan penilaian dokumen administrasi dilakukan oleh Tim seleksi MRT Jakarta
    • Pengumuman hasil evaluasi dan penilaian administrasi
    • Evaluasi dan penilaian teknis serta pelaksanaan shortlist (Tim Kurator melakukan seleksi setiap kategori: kuliner, fesyen dan kriya)
    • Pengumuman calon mitra shorlist
    • Presentasi dan penjurian di hadapan tim kurator dan Tim Seleksi pada tanggal 22-25 Februari 2019
    • Penetapan dan pengumuman UMKM terpilih
    • Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan UMKM terpilih
  6. Pada proses seleksi UMKM MRT Jakarta sebagaimana pada poin 4 (empat), Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, sebagai badan yang menaungi pengrajin yang berdomisili di DKI Jakarta turut serta dalam proses seleksi dengan terlebih dahulu mengirimkan surat minat kepada MRT Jakarta untuk menjadi salah satu UMKM MRT Jakarta. Dekranasda terlebih dahulu melakukan kurasi secara internal terhadap brand dan produk yang berada di bawah naungan Dekranasda dan selanjutnya mengajukan 18 brand dari hasil kurasi internal Dekranasda kepada Tim Kurator Seleksi UMKM MRT Jakarta bersama BEKRAF. Berdasarkan hasil kurasi dari Tim Kurator diperoleh 6 brand yang kemudian tergabung di dalam 1 (satu) booth Dekranasda.
  7. Hasil Seleksi Retail UMKM MRT Jakarta yang melibatkan Tenaga Ahli BEKRAF yang bersifat independen sebagai Kurator, pada tahap 1 terdapat 273 pendaftar dengan rincian per kategori yaitu 210 kuliner, 39 fesyen dan 24 kriya. Setelah dibuka kembali pendaftaran di di tahap 2, hasil seleksi menghasilkan 130 pendaftar dengan rincian per kategori yaitu 108 kuliner, 17 fesyen dan 5 kriya. Dari hasil tersebut didapatkan pemenang untuk 3 kategori sebagai berikut:
    • Kuliner (6): Lemper Purnama, Kaya Rempah, Delicacies by Melati Bakehouse, Gorjuice, Lox Smoked Salmon dan Broodmet
    • Fesyen (3): Apikmen, KOMMA Basic dan RA
    • Kriya (3): Batik Shio, Hwan dan Dekranasda
  8. Setiap UMKM terpilih di atas, termasuk diantaranya Dekranasda, berhak menyewa 1 (satu) buah booth dengan biaya sewa sebesar Rp 1.360.000/bulan (belum termasuk pajak) yang juga telah dilengkapi dengan hardware dan software POS (point of sales) yang dapat digunakan secara gratis.

Kerja sama antara MRT Jakarta dengan BEKRAF untuk memberikan area, ruang usaha ekonomi kreatif UMKM di stasiun MRT Jakarta ini merupakan terobosan baru bagi transportasi di kota ini. UMKM yang membuka gerai di Stasiun MRT Jakarta dalam satu tahun akan diamati pertumbuhan bisnisnya dengan adanya traffic yang ada di stasiun karena stasiun MRT Jakarta akan memberikan akses terhadap pasar, penambahan publikasi produk dan jasa yang lebih luas. Setiap UMKM akan mendapat kesempatan untuk dibina.

***

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta
Muhamad Kamaluddin

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: PT MRT Jakarta Corporate Secretary Division Head di [email protected]; 0812 1096 0282 | Situs web: www.jakartamrt.co.id | Facebook: facebook.com/jakartamrt | Twitter: @mrtjakarta | Instagram: @mrtjkt

Download “Siaran Pers: Klarifikasi Isu Seleksi Retail UMKM PT MRT Jakarta” SIARAN-PERS-Klarifikasi-Isu-Proses-Seleksi-UMKM-1.pdf – Downloaded 5 times – 320 KB