Siaran Pers: Upaya Peningkatan Pelayanan kepada Pengguna MRT Jakarta

Siaran Pers: Upaya Peningkatan Pelayanan kepada Pengguna MRT Jakarta

SIARAN PERS
Untuk diterbitkan segera

Upaya Peningkatan Pelayanan kepada Pengguna MRT Jakarta

Jakarta, 12 Juli 2019. Sebagai salah satu moda transportasi publik yang menawarkan layanan aman, nyaman, dan dapat diandalkan, MRT Jakarta mendorong pengurangan penggunaan moda transportasi pribadi guna perbaikan kualitas hidup masyarakat dan kualitas udara yang lebih bersih serta upaya integrasi antarmoda dan aksesibilitas yang lebih baik bagi pejalan kaki serta pesepeda.

Oleh karena itu, di beberapa lokasi di sekitar stasiun MRT Jakarta koridor selatan, disiapkan lokasi park and ride bagi masyarakat yang akan masuk ke wilayah Jakarta. Salah satunya adalah Park and Ride Lebak Bulus yang terletak di Jalan Ciputat Raya, berjarak sekitar 400 meter dari Stasiun Lebak Bulus Grab. Area park and ride tersebut memiliki kapasitas tampung lebih dari 150 mobil dan 500 motor. Meski demikian, Park and Ride Lebak Bulus yang dioperasikan oleh Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta saat ini masih bersifat sementara (temporer). Fasilitas permanen yang sedang disiapkan masih dalam pembahasan dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Fasilitas seperti bangunan bilik-bilik di area Park and Ride Lebak Bulus adalah pos polisi penjagaan sementara dan toilet yang tersedia di area tersebut adalah fasilitas sementara yang dibangun swadaya oleh masyarakat sekitar.

Saat ini, PT MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyempurnaan perencanaan kawasan Lebak Bulus dengan konsep Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development). Konsep tersebut akan mengedepankan aspek ramah pejalan kaki dengan aksesibilitas pergerakan yang memudahkan. Akses tersebut akan dilengkapi dengan kanopi, jalur khusus pejalan kaki, dan jembatan penghubung antarbangunan.

Selain itu, guna menunjang peningkatan jumlah penumpang (ridership), berbagai upaya telah dilakukan, seperti menyelenggarakan program #JelajahiJakarta dengan memanfaatkan momentum liburan lebaran dan liburan sekolah, terutama bagi rombongan yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta. Selain itu, PT MRT Jakarta berharap agar Bank Indonesia segera menerbitkan izin kartu tiket Jelajah Multitrip (MTT). Penggunaan kartu tiket Jelajah Multritrip tersebut akan mempercepat proses pengetapan (tapping) kartu di gerbang penumpang (passenger gate) sehingga mengurangi antrean penumpang masuk ke area berbayar (paid area). MRT Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan pembayaran kepada masyarakat yaitu bekerjasama dengan bank-bank penerbit uang elektronik dan berupaya untuk menambah Ticket Vending Machine (TVM) di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Kedepannya, MRT Jakarta juga akan menyediakan Ticket Vending Machine (TVM) baru yang akan dapat digunakan untuk membeli kartu uang elektronik bank di stasiun stasiun MRT Jakarta. Para bank yang sudah memiliki izin uang elektronik dari Bank Indonesia akan kami undang kembali untuk penawaran berkontrak sewa Ticket Vending Machine (TVM) dengan MRT Jakarta.

***

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta
Muhamad Kamaluddin

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: PT MRT Jakarta Corporate Secretary Division Head di [email protected]; 0812 1096 0282 | Situs web: www.jakartamrt.co.id | Facebook: facebook.com/jakartamrt | Twitter: @mrtjakarta | Instagram: @mrtjkt

Download “Siaran Pers: Upaya Peningkatan Pelayanan kepada Pengguna MRT Jakarta” SIARAN-PERS-Upaya-Peningkatan-Pelayanan-kepada-Pengguna-MRT-Jakarta.pdf – Downloaded 3 times – 177 KB