Skip to main content

177 Ribu Pelanggan Naik MRT Jakarta saat Perayaan HUT Bhayangkara 2025

Image
Tarif Rp1
Pelanggan MRT Jakarta di dalam ratangga saat malam hari. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat 177.911 pelanggan menggunakan ratangga saat perayaan HUT Bhayangkara 2025 pada Selasa (1-7-2025). Dari total tersebut, Stasiun Dukuh Atas BNI mencatatkan penumpang tertinggi, yaitu 31.759 pelanggan diikuti oleh Stasiun Blok M BCA dengan 21.909 pelanggan. Stasiun Lebak Bulus pun menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat dengan 20.706 pelanggan. Tingginya angka keterangkutan (ridership) di tiga stasiun tersebut menunjukkan bahwa integrasi antarmoda dan bangunan mal serta berkembangnya kawasan di sekitar stasiun akan mendorong masyarakat bepergian menggunakan transportasi publik.

Jumlah angka keterangkutan tersebut pun menunjukkan peningkatan apabila dibandingkan dengan sejumlah momen penerapan tarif khusus Rp1,00 seperti saat Hari Angkutan Umum Nasional (meningkat 1,01 persen), Hari Kartini (meningkat 15,56 persen), dan HUT ke-498 Jakarta (meningkat 7,23 persen). MRT Jakarta juga mencatat bahwa rute perjalanan favorit atau tertinggi terjadi dari Stasiun Dukuh Atas BNI menuju ke Stasiun Blok M BCA dan sebaliknya.

PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan apresiasi kepada masyarakat karena menggunakan transportasi publik untuk menghadiri perayaan peringatan HUT Bhayangkara 2025 yang berpusat di Taman Monas. Tingginya angka keterangkutan tersebut menunjukkan antusiasme yang besar untuk memilih bepergian menggunakan transportasi umum. Sebuah hal yang terus MRT Jakarta perjuangkan, yakni mendorong peningkatan mobilitas melalui perbaikan kualitas hidup.

Hingga pertengahan 2025 ini, angka keterangkutan telah mencapai 140 ribu pelanggan per hari saat hari kerja Senin—Jumat dan 74 ribu pelanggan per hari saat akhir pekan. PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 115 ribu pelanggan per hari pada akhir 2025.